Rabu, 17 September 2014

Jurusanku Masa Depanku

Ilmu dan Teknologi pangan adalah aplikasi dari ilmu pangan untuk sortasi, pengawetan pemrosesan, pengemasan, distribusi,hingga penggunaan bahan pangan. Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan tersebut. Jadi mempelajari tentang pengelolaan bahan pangan (daging, sayur- mayur, buah-buahan, biji-bijian) juga aspek-aspek mengenai kue, roti, susu, cokelat, kembang gula, pengawasan mutu, gizi, dan penanggulangan limbah.

Spesialisasinya beragam, diantaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan sebagainya. Jadi ilmu yang dominan banget dipake di jurusan teknologi pangan yaitu kimia dan biologi. Di semester awal akan dapet fisika dasar, trus akan jg dapet fisika terapannya. Tapi porsinya ga sebanyak teknik. Yang dominan biologi ma kimia. Matkulnya misalnya mikrobiologi, biokimia, kimia pangan, gizi atau misal teknologi fermentasi, dll.

Lulusan dari prodi ilmu dan teknologi pangan dapat berkarir di bidang industri pengolahan pangan, seperti Indofood, Garuda Food, atau industri pangan lainnya. Atau dapat jg di perkebunan, perbankan, peneliti di lembaga penelitian, dinas pemerintah seperti Dinas Pertanian atau Dinas Ketahanan Pangan,dan juga dapat berwirausaha di bidang pangan.

Teknologi pangan sama ilmu gizi bedanya apa? Kalo gizi lebih ke kandungan apa aja di dalam makanannya, kalo tekpang lebih ke sifat fisis dan kimiawinya, seperti pengawetan, pengemasannya.Nah UMM sendiri mempunyai jurusan ilmu dan teknologi pangan ini dari tahun 1994 dan sekarang akreditasinya udah B"gemuk" lo, doain aja tahun depan udah jadi A ya..

Sumber : ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar